top of page
  • Admin

7 Fakta Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Studi ke Jerman!


Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang paling banyak dikunjungi. Selain karena Jerman memiliki banyak tempat wisata yang menarik para wisatawan dari berbagai negara. Jerman juga menjadi salah satu tempat tujuan yang paling diminati oleh para pelajar, para peneliti, dan orang-orang umum dari negara lain, termasuk Indonesia untuk melanjutkan karir atau studi mereka.


Nah German Hopers!, tentunya sebelum kalian berangkat Studi ke Jerman ada beberapa fakta menarik nih yang harus kalian ketahui sebagai Mahasiswa Internasional agar perjalanan studi kalian di Jerman berjalan dengan baik dan lancar.


1. Euro merupakan alat pembayaran resmi di Jerman


Sebelum tahun 2002, Jerman masih menggunakan mata uang Deutsche Mark sejak tahun 1948 dan mulai berganti menjadi Mata Uang Euro pada 1 January 2002 setelah Dewan Uni Eropa menetapkan Euro menjadi mata uang Uni Eropa. Untuk pengambilan uang tunai, German Hopers bisa nih langsung saja pergi ke ATM yang dapat diakses 24 jam dengan kartu kredit internasional. Untuk nilai mata uangnya sendiri, yaitu 1 Euro = 100 sen dan jika dirupiahkan 1 Euro = 16.325,64 rupiah.


2. Tepat Waktu


Ketepatan waktu adalah hal yang paling penting bagi orang Jerman. Karena orang Jerman sangat tidak suka membuang-buang waktu hanya untuk menunggu orang lain. Dengan menghargai waktu, ini sama halnya dengan kita juga menghargai orang lain. Di Jerman ada pepatah yang mengatakan: “lima menit terlalu dini untuk tepat waktu; dan terlambat tidak dapat diterima.” Oleh karena itu, ketika kita memiliki janji temu usahakan untuk datang tepat waktu atau bahkan datang sebelum waktunya. Karena orang Jerman biasanya selalu datang sebelum waktunya.Jika dirasa akan datang terlambat, orang Jerman biasanya memiliki kebiasaan untuk mengabari beberapa jam atau sehari sebelumnya lewat telepon ataupun pesan singkat. Hal ini dilakukan agar tidak membuang-buang waktu orang yang menunggunya.


3. Hari Minggu di Jerman

Berbeda dengan hari lainnya, hari minggu di Jerman tidak seramai 6 hari sebelumnya. Karena pada hari minggu jalanan di Jerman akan tampak sangat sepi dan lengang, hampir semua toko-toko tutup dihari minggu, dan transportasi umum juga sangat terbatas pada hari minggu. Orang-orang jerman menganggap bahwa hari minggu adalah hari istirahat mereka setelah satu minggu bekerja. Ini juga merupakan kebijakan dari pemerintah Jerman dalam menghargai para pekerja di Jerman. Jadi jika German Hopers pergi berlibur ataupun studi ke Jerman, jangan kaget yaa dengan suasana pada hari minggu yang terlihat lebih sepi daripada hari-hari sebelumnya.

4. Tempat sampah yang bervariasi di Jerman


Kalian pasti udah tahu nih German Hopers jika Jerman dikenal sebagai negara pelopor kebijakan pengelolaan sampah terbaik didunia. Tidak hanya pemerintahnya saja yang ketat dalam aturan pengelolaan sampah ini, tapi masyarakat disana juga menyadari betapa pentingnya mengelola sampah.

Ada 6 jenis tempat sampah di Jerman: • Braune Mülltonne (Tempat Sampah Berwarna coklat) khusus untuk sampah organik. Sampah yang boleh dibuang ditempat sampah ini harus sisa-sisa organik yang belum diolah. Misalnya, sisa potongan daging, potongan sayuran, daun, dan lainnya. • Blaue Mülltonne (Tempaat Sampah Berwarna Biru) khusus untuk sampah kertas, koran. Sobekan buku, atau jenis kertas lainnya. • Galbe Sacke (Tempat Sampah Berwarna Kuning) khusus untuk membuang sampah kemasan makanan atau minuman, seperti susu, kaleng sarden, botol minum, dan kemasan lainnya yang tidak terbuat dari kaca. • Atglas (Tempat Sampah Berwarna Hijau) khusus untuk sampah yang terbuat dari kaca. Misalnyaa, botol kaca bekas selai, botol sirup dari kaca dan lain sebagainya. • Orange Box (Tempat Smpah Berwarna Orange) khusus untuk barang-barang elektronik dan barang aksesoris elektronik lainnya seperti kaset, Cd dan lainnya. Ditempat sampah ini juga bisa untuk membuang barang-barang yang berbahan metal. • Schwarze Mülltonne (Tempat Sampah Berwarna Hitam) khusus untuk barang-barang yang sulit dipilah, seperti popok bayi, pmbalut, tisu, mainan rusak, atau perabotann rumah tangga yang rusak. Selain keenam jenis tempat sampah tersebut, ada satu lagi tempat sampah khusus untuk pakaian bekas atau biasa disebut Alte Kleider. Tempat sampah tersebut akan diambil secara berkala oleh petugas kebersihaan dan kan didaur ulang sesuai dengan jenisnya.


5. Orang Jerman sangat Formal


Nah yang satu ini juga sangat penting untuk kalian ketahui nih German Hopers, supaya kalian tidak kaget waktu bertemu langsung dengan orang Jerman waktu kalian disana. Seperti yang sudah kita ketahui jika salah satu karakter orang Jerman itu adalah sangat formal dan terkesan kaku. Oleh karena itulah kenapa mereka sulit diajak bercanda, sangat tepat waktu, dan disiplin. Entah karena apa, tapi memang begitulah sifat orang Jerman.


Melanjutkan Studi diluar negeri salah satunya di Jerman memanglah bukan perkara yang mudah. Selain karena jauh dari keluarga, tapi German Hopers juga perlu beradaptasi dengan kebudayaan baru, bahasa, makanan, lingkungan, serta gaya hidup yang tentunya terdapat perbedaan dari negara asal kalian. Tapi, seiring berjalannya waktu kalian pasti bakalan terbiasa kok beradaptasi dengan semua itu. Jadi, tetap semangat ya teman-teman German Hopers!







10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page