top of page
  • Gambar penulisAdmin

Apa Itu FSJ & BFD?


FSJ dan BFD merupakan salah satu cara agar kita bisa tinggal di Jerman, FSJ dan BFD bisa disebut juga sebagai sukarelawan yang bekerja di Jerman. FSJ (Freiwiliges Soziales Jahr) dan BFD (Bundesfreiwiligendienst) merupakan program untuk melakukan kerja sosial 6-18 bulan di lembaga kesehatan atau lembaga pendidikan di Jerman. Program ini ditujukan untuk anak-anak muda yang berusia 18-26 tahun. Perbedaannya dengan BFD merupakan batasan usianya. BFD dapat dilakukan oleh siapa saja yang berusia di atas 27 tahun.

Para remaja di Jerman setelah lulus sekolah (abitur), mereka rata-rata memilih untuk mengistirahatkan kegiatan belajar sementara waktu sembari berpikir ingin melanjutkan kuliah, Ausbildung, atau kerja. Namun, banyak dari mereka yang memutuskan untuk mencari pengalaman dengan bekerja sebagai sukarelawan di sebuah lembaga panti, rumah sakit, museum, dsb. Dan tentunya kemampuan bahasa Jerman dan kondisi kesehatan yang baik adalah syarat utama program FSJ/BFD ini.

Keunggulan program FSJ/BFD :

  • Mendapatkan pengalaman kerja sosial yang diakui sebagai rekomendasi melanjutkan Ausblidung maupun studi S1 di Jerman.

  • Mendapatkan uang saku dari perusahaan yang menaungi sebesar 360-500 Euro per bulan.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman dan mengenal langsung budaya dan kehidupan sosial di Jerman juga.

  • Mudah untuk dapat melanjutkan program Ausbildung maupun studi S1 di Jerman yang sesuai dengan bidang FSJ/BFD.


Sejauh ini, program FSJ/BFD ini ada di Jerman dan sebagian wilayah Austria. Untuk orang Jerman, mereka bisa mendaftar menjadi sukarelawan yang ditempatkan di dalam dan luar negeri. Untuk warga asing, bisa mencari tempat FSJ atau BFD di seluruh negara bagian Jerman, banyak Träger yang siap membantu mencarikan tempat FSJ atau BFD. Untuk BFD sejauh ini, tempat bekerja yang tersedia tak sebanyak untuk FSJ. Di yayasan penyandang cacat hanya menyediakan 6 tempat untuk BFD, selebihnya ratusan untuk FSJ. Tapi Träger akan terus membantu sampai kalian sampai dapat tempat untuk menjadi sukarelawan berapapun batasan umur kalian.


Ayo ikut program persiapan FSJ/BFD bersama GIP!

More Info : (+62) 812-1338-2975

772 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page