• Admin

APA ITU STUDIENKOLLEG?


Bagi kalian yang sering membaca informasi seputar program-program pendidikan di luar, terutama Jerman, tentunya sudah tidak asing dengan kata “Studienkolleg”. Nah, kali ini kita akan sama-sama mengupas tuntas tentang semua hal yang berhubungan dengan Studienkolleg, mulai dari “Apa itu Studienkolleg?”, “Apa saja jurusan yang ada di dalamnya?”, hingga “Bagaimana cara mendaftarnya?”. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak beberapa penjelasan berikut ini.

Studienkolleg merupakan penyetaraan program wajib belajar bagi pelajar asing (pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Jerman) seperti yang sudah diterapkan di Jerman. Program ini dilaksanakan karena adanya perbedaan program belajar yang ada di negara asal dengan negara tujuan (Jerman), misalnya usia program pendidikan wajib di Indonesia adalah 12 tahun, sedangkan program pendidikan yang diterapkan di Jerman adalah 13 tahun. Oleh karena itu, untuk menyetarakannya pelajar yang berasal dari Indonesia harus menempuh Studienkolleg terlebih dahulu.

Tujuan lain diadakannya Studienkolleg adalah agar kamu bisa menjadi pelajar yang lebih siaga dengan bentuk perkuliahan di Jerman. Pesiapan yang kamu lakukan juga bisa lebih matang. Tetapi untuk memasuki program Studienkolleg ini pastinya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah tes ujian masuk Studienkolleg atau yang dikenal dengan Aufnahmeprüfung. Persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengikuti ujian Studienkolleg, di antaranya sebagai berikut :

· Fotokopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi

· Nilai SKHUN dan fotokopi raport

· Curriculum Vitae

· Antrag (Formulir dari Kedutaan Jerman)

· Formulir khusus yang disediakan oleh Universitas tujuan (diakses melalui web)

· Mempunyai minimal sertifikat Bahasa Jerman level B1 yang telah dilegalisasi

· Paspor pelajar

· Visa pelajar yang diajukan ke Kedutaan Besar Jerman

· Rekening Bank

Semua berkas atau dokumen yang akan diajukan sudah diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam Bahasa Jerman dan penerjemah juga harus bersertifikat serta diakui oleh Kedutaan Besar Jerman. Jadi, jangan asal pilih ya!

Lalu bagaimana dengan jurusan yang dapat kita ambil? Studienkolleg memiliki beberapa pembagian kelas, yang bersifat sebagai jurusan yang akan diambil saat kita memulai pembelajaran di Universitas. Jenis-jenis pembagian kelas tersebut dapat dikategorikan seperti berikut :

Ø M-Kurs (Medical Kurs) merupakan kelas bagi kamu yang akan mendaftar pada jurusan kedokteran, farmasi dan biologi. Kelas ini mencakup sebagian besar mata pelajaran sains seperti matematika, fisika, biologi dan pastinya Bahasa Jerman.

Ø T-Kurs (Technical Kurs) adalah kelas bagi kamu yang ingin mendaftar studi jurusan teknik dan juga ilmu computer.

Ø W-Kurs (Wirtschaft Kurs) merupakan kelas untuk kamu yang akan mendaftarkan diri pada jurusan Ekonomi ketika di Universitas nanti. Mata pelajaran yang diajarkan meliputi bisnis, ilmu-ilmu sosial, matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Jerman.

Ø G-Kurs (Geisteswissenschaften Kurs) adalah kelas yang dikhususkan untuk studi jurusan ilmu pengetahuan budaya dan Germanistik. Mata pelajaran sejarah, Bahasa dan Sastra tersedia di kelas ini.

Ø S-Kurs (Sozialwissenschaften Kurs) merupakan studi jurusan ilmu Bahasa serta Sastra Bahasa asing. Mata pelajaran yang disediakan berupa pilihan Bahasa Asing yang diminati dan ilmu social.

Yang terakhir, bagaimana sih cara mendaftar Studienkolleg? Cara mendaftar Studienkolleg sendiri cukup mudah. Biasanya Perwakilan Lembaga Akademisi atau Kedutaan Jerman telah menyediakan panduan dan menerbitkan beberapa peraturan yang telah tercantum di website. Kuncinya adalah kalian harus jeli dalam mengupdate informasi yang kalian butuhkan. Tahapan pendaftaran Studienkolleg diawali dengan mendaftarkan diri ke Universitas tujuan ysng diinginkan, setelah diterima barulah pendaftar akan mendapatkan izin dan juga undangan untuk mengikuti Studienkolleg di Universitas tersebut.

Itu tadi adalah sedikit pembahasan mengenai Studienkolleg di Jerman. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan agar kita benar-benar siap dalam mengikuti program ini. Mulai dari menyiapkan berkas dan dokumen berbahasa Jerman, menguasai Bahasa Jerman sampai setidaknya level B1 serta masih banyak lagi. Terdengar sedikit merepotkan memang, tetapi tidak perlu khawatir GIP hadir untuk membuat semuanya jauh lebih mudah. Ayo gabung bersama kami dan wujudkan impianmu!! Selengkapnya cek di sini ya www.gipgermany.com

25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua