• Admin

Berbagai Jenis Tempat Tinggal di Jerman

Bagaimana bayangan kalian tentang tempat tinggal di Jerman?

Tempat tinggal di Jerman memang beragam. Hal ini juga disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakatnya. Lalu ada berapa jenis tempat tinggal di Jerman?

Yukk simak ulasan ini lebih lanjut! ☺


Sumber: propertikompas.com


1. Haus (Rumah)

Jenis tempat tinggal di Jerman salah satunya rumah. Akan tetapi, rumah di Jerman kebanyakan terletak di pinggiran kota, pedesaan atau suburban (suatu daerah perumahan yang letaknya di pinggiran kota). Hal ini dikarenakan harga rumah di kota sangat mahal jika dibandingkan dengan harga rumah di pinggiran kota, sehingga masyarakat Jerman lebih memilih tinggal di rumah yang terletak di pinggiran kota. Rumah di Jerman memiliki desain yang bebas, akan tetapi memiliki aturan khusus untuk membangun rumah. Seperti soal warna cat, warna cat dibagian luar memiliki aturan. Sehingga sebagian besar rumah di Jerman memiliki warna cat yang sama.


2. Reihenhaus (Cluster)

Reihenhaus merupakan beberapa rumah yang berada dalam satu bangunan besar. Rumah tersebut memiliki atap yang sama dan memiliki 1 halaman yang luas. Sehingga penghuninya harus saling berbagi halaman. Reihenhaus bisa ditemui dimanapun di Jerman, mulai di perkotaan hingga di pedesaan.


3. Wohnung (Apartemen)

Wohnung bisa ditemukan di mana saja, di perkotaan maupun di pedesaan. Wohnung juga merupakan salah satu hunian yang efektif jika kalian ingin tinggal di kota. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan membeli rumah di tengah kota. Bangunan wohnung di Jerman biasanya memiliki 3-5 lantai dengan 3-4 apartemen di setiap lantainya.


4. Studentenwonhheim

Studentenwonhheim ini di khususkan untuk mahasiswa dengan harga yang relatif lebih murah. Hal ini dikarenakan dalam satu gedung terdapat banyak kamar dengan dapur yang terpisah. Tetapi, biasanya juga terdapat Studentenwonhheim yang kamarnya dilengkapi dengan dapur. Walaupun dikhususkan untuk mahasiswa, tidak semua yang tinggal di sini adalah mahasiswa, melainkan juga pekerja.


5. Sozialzentrum

Tempat tinggal ini dikhususkan untuk orang miskin dan tunawisma. Sozialzentrum dikelola dan didanai oleh pemerintah. Akan tetapi banyak juga tunawisma yang tidak ingin tinggal di sana dan memilih tinggal di jalanan dengan mengandalkan uang hasil mencari botol bekas.


6. Jugendheim (Panti Asuhan / Panti Sosial Anak-Anak)

Jugendheim dikhususkan pemerintah Jerman untuk anak-anak yang berada di bawah hak asuh negara. Biasanya anak-anak ini diambil dari orang tua yang lalai dalam mengasuhnya.


7. Altersheim (Panti Jompo)

Altersheim dikhususkan bagi orang tua. Orang tua di Jerman normalnya tinggal di Altersheim meskipun memiliki anak. Akan tetapi, Altersheim juga tidak gratis. Bagi anak-anak yang orang tuanya berada di Altersheim, maka mereka harus membayar sesuai dengan kebutuhan orang tuanya.



Sumber: anneyaa.com “Bedanya Hidup di Jerman II Tempat Tinggal”

www.goethe.de “Mengintip Ragam Tempat Tinggal di Jerman”


789 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua