top of page
  • Gambar penulisAdmin

Ingin Mencicipi Indahnya studi di Jerman : Beasiswa/ Student Exchange?


Halo Gipers!

Pasti kalian sedang mencari beasiswa atau beberapa universitas di Indonesia yang bekerjasama dengan universitas Uni-Eropa. Karena kalian semua tahu begitu menjanjikannnya jika bisa student exchange atau bisa mendapat beasiswa untuk berkuliah di Jerman. Kali ini minGIP akan memberikan informasi tentang beberapa universitas di Indonesia yang telah melakukan kerjasama dengan universitas Uni-Eropa untuk luncurkan program internasional. Pertukaran pelajar sma ke Jerman


Pertukaran Pelajar ke Jerman

Pertukaran pelajar adalah program yang memungkinkan siswa sekolah atau mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar di sekolah atau universitas lain. Program ini biasanya diadakan sebagai bentuk kerja sama dengan pihak sekolah atau lembaga pendidikan lain di luar negeri, meskipun ada juga yang di dalam negeri.

Salah satu satu program pertukaran pelajar ke Jerman adalah Beasiswa Hochschulsommerkurs (HSK). HSK adalah salah satu beasiswa dari German Academic Exchange Service (DAAD) untuk mahasiswa/i jenjang S1/S2 dari semua jurusan. Program pertukaran pelajar ini merupakan summer course yang durasinya kurang lebih satu bulan dan dilangsungkan pada bulan Juli – September setiap tahunnya. Tujuan dari program ini adakah meningkatkan wawasan mahasiswa asing mengenai bahasa dan budaya Jerman.


Pertukaran Pelajar SMA ke Jerman

Pertukaran pelajar SMA ke Jerman merupakan cara terbaik untuk belajar bahasa Jerman sembari menyesuaikan diri dengan budaya dan kehidupan Jerman. Komisi A DPRD Salatiga telah melakukan kerjasama dengan Jerman untuk melakukan pertukaran pelajar pada agustus 2017 lalu. Terdapat 17 siswa SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti program ini, mereka telah berhasil belajar di Gymnasium Ohlstredt Hamburg Jerman.


Menjalin Kerjasama dengan Jerman dan Student Exchange Deretan Universitas Indonesia

Deretan universitas incaran anak muda indonesia ini; Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Presiden, Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran dan STIE Malangkucewara dengan 3 perguruan tinggi Uni-Eropa; University of Gloucestershire (Inggris), University of Granada (Spanyol) dan International School of Social and Business (Slovenia) telah bergabung dalam konsorsium Erasmus +IHiLead (Indonesia Higher Education Leadership). Kerjasama ini merupakan proyek untuk membangun struktur dan menguatkan perguruan tinggi serta menguatkan kurikulum perguruan tinggi.

Sedangkan untuk Universitas Indonesia telah melakukan penjajakan dibebrapa negara asing. FIA UI telah mengunjungi 3 universitas ternama di Jerman yaitu, Universitas Erfurt, Universitas Speyer, dan Berlin School Economy & Law (BSEL). Dalam kunjungan para dosen UI ke Universitas Speyer pastinya terjalin kerjasama antara kedua belah pihak. Direktur German Research Institute for Public Administration Universitas Speyer, Prof. Jan Ziekow, bersedia datang dan hadir dalam kuliah umu FIA UI pada tahun 2019. dan masih banyak lagi UI berhasil menjalin bekerjasama dengan universitas-universitas Uni-Eropa.

Sekarang kita intip UNS (Universitas Sebelas Maret) salah satu universitas incaran calon mahasiswa Indonesia. Demi terwujudnya kerjasama yang saling menguntungkan untuk memajukan pendidikan dan penelitian. UNS siap untuk berkolaborasi dengan Neu-Ulm University of Applied Sciences Jerman.Dengan menandatangani MoU antara Rektor dengan Vice President for Internationalization pada 14 Juni 2021 kedua belah pihak menyepakati hal ini.

Itulah pijakan hebat seluruh tenaga pendidikan di Indonesia yang mampu mengepakkan sayap hingga keluar negeri demi membantu pendidikan di tanah air. Pastinya semua usaha yang telah dilakukan universitas ini untuk hasil terbaik memajukan Indonesia.

136 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page