• Admin

Kenapa harus ikut GIP?

Diperbarui: 5 Mei 2020



Germany Indonesia Professionals (GIP) berdiri sejak tahun 2017 di ibukota Jerman, Berlin. Sebelum resmi berdiri, kami awalnya hanya sebagai tempat belajar dan mengajar non-profit untuk persiapan tes masuk Studienkolleg di Jerman. (Red: Studienkolleg adalah pendidikan penyetaraan selama 1-2 semester untuk calon mahasiswa asing yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi di Jerman).


Selama bertahun-tahun kami menangani calon-calon mahasiswa dari Indonesia yang telah berada di Jerman tanpa adanya kepastian apakah mereka dapat tempat di Studienkolleg atau tidak. Banyaknya informasi yang kurang tepat dari institusi pendidikan informal di tanah air tentang perkuliahan di Jerman menyebabkan calon mahasiswa Indonesia bernasib tidak jelas setibanya di Jerman. Mengingat besarnya animo dari calon mahasiswa Indonesia, kami berupaya untuk membuat organisasi kami ini menjadi lebih profesional.

Saat ini, kami merupakan pelopor bimbingan belajar Indonesia yang berlokasi di Jerman yang secara khusus menyiapkan calon mahasiswa Indonesia untuk ujian masuk Studienkolleg.


Apa yang istimewa dari program-program yang ditawarkan GIP?


Salah satu keistimewaan GIP adalah kurikulum yang dikembangkan. Kami sadar bahwa soal-soal ujian masuk Studienkolleg yang aktual sangat diperlukan. Dengan kurikulum yang tepat sasaran ini, GIP berhasil menghantarkan 97% calon mahasiswa diterima di Studienkolleg negeri di Jerman.


Keistimewaan lain dari GIP adalah pengajar yang berpengalaman. Seringkali komunikasi yang terjalin antara siswa dan pengajar tidak bagus karena ada rasa segan yang dialami oleh siswa terhadap gurunya, terutama jika guru tersebut bukan orang Indonesia. Untuk mengatasi kendala tersebut, GIP menghadirkan pengajar Indonesia berlisensi Jerman. Sehingga, kendala komunikasi dan perbedaan budaya dapat dihilangkan. Atmosfir pembelajaran didisain sebaik mungkin agar para siswa merasa nyaman di dalam kelas.


Salah satu kesulitan yang sering dialami siswa adalah ketika mengikuti pelajaran matematika. Di GIP, siswa dilatih sedini mungkin belajar matematika dengan menggunakan bahasa pengantar bahasa Jerman. Selama proses pelatihan, siswa GIP akan menempuh 4x ujian bahasa Jerman dan 1x Matematika. Hal ini tentu saja dapat memberi siswa kepercayaan diri secara langsung.


Pada awal tahun 2020, GIP mengadakan try out tes penerimaan Studienkolleg di Berlin, Kaiserslautern dan Nordhausen. Respon dari para peserta sangat baik. Selain mereka tidak dipungut biaya sama sekali untuk try out tersebut, para peserta juga mendapatkan penjelasan dalam memecahkan soal-soal di akhir acara. Kami berusaha untuk membuat soal-soal try out sesuai kebutuhan saat ini dan tepat sasaran.


Siswa GIP yang tidak diterima di Studienkolleg negeri akan mendapatkan biaya kembali atau cash back 100% (syarat dan ketentuan berlaku).


Keistimewaan kami lainnya adalah kami membuka konsultasi untuk masalah visa/izin tinggal, persiapan untuk mendaftar ujian Studienkolleg (Aufnahmeprüfung), lapor diri ke pihak imigrasi, pengurusan asuransi kesehatan, dan lain-lain.


Kami akan dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan Anda tentang program yang kami tawarkan.

Anda dapat menghubungi kami disini:

Senin - Jumat: pukul 9:00 - 15:00

Email: info@mein-gip.com

Telepon: (+49) 179 2144 331


Ditulis oleh:

Iwa Sobara

- S2 Germanistik Uni Bern, Swiss

- Multiplikator Goethe-Institut Jakarta, Indonesia

196 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua