• Admin

Kuliah di Jerman: Dengan Beasiswa atau tidak?


Halo Gipers!

Kali ini MinGip akan memberikan informasi seputar beasiswa-beasiswa untuk kuliah di Jerman. Apakah kamu ingin studi lanjut di Jerman dengan beasiswa? Jika iya, yuk simak ulasan berikut ini.

Jumlah pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Eropa khususnya Jerman semakin meningkat. Hal ini seperti yang telah dinyatakan oleh Bapak Eddy Pratomo mantan Duta Besar Indonesia untuk Jerman bahwa tahun ini antusias masyarakat Indonesia meningkat untuk melanjutkan studinya di Jerman dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak semua pelajar berasal dari keluarga yang mampu atau berkecukupan. Namun generasi muda Indonesia sangat banyak yang memiliki motivasi tinggi untuk dapat meraih semua pencapaiannya. Tidak cukup di Indonesia mereka rela belajar jauh dari tanah airnya untuk mendapatkan ilmu yang lebih dan kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Salah satu solusi yang bisa menjadi opsi adalah dengan mencari dan mendapatkan beasiswa untuk Kuliah di Jerman. Banyak beasiswa-beasiswa yang dikeluarkan pemerintahan, non pemerintahan maupun independen dari universitas-universitas di Eropa.

DAAD Scholarships

DAAD singkatan dari Deutscher Akademischer Austauschdienst. Beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Jerman bekerjasama dengan organisasi independen lembaga pendidikan tinggi Jerman. Beasiswa ini untuk sarjana dari Indonesia yang ingin melanjutkan S2/master maupun doktoral di Jerman. Ketika sarjana lulusan Indonesia sudah memiliki beasiswa dari sumber lain, DAAD masih bisa didapatkan. Istimewa dan menariknya beasiswa ini adalah hal tersebut.

DAAD Scholarship diselenggarakan dalam beberapa bentuk, yaitu sebagai berikut:

1. Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

2. Helmut-Schmidt-Programme: Master’s Scholarship for Public Policy and Good Governance (PPGG)

3. Sustainable Water Management: Study Scholarship and Research Grants for Foreigner

4. Doctoral Degree dan Post Doc Scholarship Programs

Keuntungan yang bisa didapat dari beasiswa ini adalah Biaya kuliah akan ditanggung sebesar 850-1200 Euro. Setiap bulan, penerima beasiswa berhak menerima 850 Euro untuk mahasiswa magister dan 1.200 Euro untuk mahasiswa doktoral. Selain itu ada tunjangan lain seperti asuransi kesehatan, tunjangan perjalanan ke Jerman serta tunjangan pembelajaran dan riset 230 Euro setiap semester.

ERASMUS MUNDUS SCHOLARSHIP

Beasiswa Erasmus Mundus adalah program besiswa yang diadakan oleh pemerintahan Uni-Eropa. Beasiswa ini untuk membantu para mahasiswa melakukan pelatihan, riset, belajar atau mengajar di salah satu universitas. Program yang ditawawarkan oleh beasiswa ini adalah Erasmus Mundus Joint Master Degree, esearch fellowship program Marie Sklodowska-Curie Action, yang terakhir adalah beasiswa untuk para peneliti atau akademisi yang ingin melakukan tugas penelitian, pengajaran pada mhs S2 selama 3 bulan. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan sekitar 24.000 atau 48.000 per mahasiswa/tahun untuk mahasiswa S2 dengan lama waktu studi yang dijalankan. Tunjangan perjalanan sebesar 7.500 Euro, biaya kuliah tanpa tugas laboratorium sebesar €10.800, atau dengan tugas laboratorium sebesar €21.600 masing-masing selama 36 bulan untuk mahasiswa S3. Terakhir program Scholar akan diberikan dana sebesar €14.800/orang dalam 3 bulan untuk membiayai akomodasi, biaya perjalanan, dan tunjangan bulanan.

Masih banyak lagi beassiswa yang berpeluang besar untuk para lulusan sarjana Indonesia. Terdapat persyaratan dan keuntungan masing-masing. Cari dan dapatkan salah satunya!

36 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua